Category Archives: Knowledge

Negara : Ethiopia

Standard

Ethiopia, adalah satu nama negara yang menarik ditelinga ketika aku pertama kali mempelajari peta dunia sekitar kelas 4 SD. Dulu belum jamannya internet, jadi cuman bisa mengira-ngira seperti apa negara yang katanya banyak orang yang busung lapar disana.

Negara ini jadi most wanted to visit-nya aku. Selain jatuh cinta ketika pertama kali mendengar namanya, meskipun katanya kehidupan disana sangat sulit.

Yuk kenalan sama Ethiopia .. 🙂

Ethiopia adalah satu negara di Afrika. Addis Ababa adalah ibu kota dari negara  yang pernah dijajah Italia. Uniknya selama perebutan Afrika Negara ini tidak pernah sedikit pun terjajah, hingga tahun 1936 akhirnya Italia berhasil menguasai daerah mereka. Di bantu pasukan Britania Raya, akhirnya ethiopia pun dapat kembali mendapatkan kekuasannya pada tahun 1941 dan menandatangani perjanjian Britania-Ethiopia pada tahun 1944.
Ini dia Addis Abbaa..

Bahasa yang digunakan di Ethiopia adalah basaha Amhara. (Dicari-cari tentang infonya lumayan susah, jadi kalo pembaca ada yang tau tentang bahasa Amhara, tolong dikasih masukan ya .. 🙂 )

Orang Afrika memeluk agama yang berbeda-beda, dengan Kristen dan Islam, dua yang paling tersebar. Sekitar 40% orang Afrika adalah Kristen dan 40% lainnya Muslim. Kurang lebih 20% orang Afrika memeluk agama asli Afrika. Sejumlah kecil juga memeluk Yudaisme seperti suku Beta Israel dan Lemba.

UNICEF melaporkan sekitar 3 juta anak di kawasan Tanduk Afrika menderita malnutrisi dan berisiko tinggi mengalami kematian sejalan dengan kegagalan pendistribusian bantuan kemanusiaan. Ini beritanya udah 11 Tahun dan 11 bulan yang lalu, 65% dari rumah tangga di pedesaan Ethiopia mengkonsumsi Organisasi Kesehatan Dunia standar minimum makanan per hari (2,200 kilokalori), dengan 42% dari anak-anak di bawah 5 tahun yang kekurangan berat badan. Bayangkan gan! Beruntung negara kita masih belum separah ini..

Kebanyakan keluarga miskin (75%) berbagi ruang tidur dengan hewan ternak, dan 40% dari anak-anak tidur di lantai, di mana malam hari rata-rata suhu 5 derajat Celcius di musim dingin.
Rata-rata jumlah anggota keluarga adalah enam atau tujuh, hidup dalam 30 meter persegi lumpur dan ilalang gubuk, dengan kurang dari dua hektar lahan untuk menanam.

Innalilalhi, Naudzubillah..  Apa sekarang keadaannya masih kaya gitu ya ?

Terlepas dari keadaan masyarakat Ethiopia, ternyata Ethiopia punya beberapa tempat menarik untuk dikunjungi.

This is .. Blue Nile  Falls .

The Rock-Hewn churches of Lalibela

The Sof Omar Cave

 

source : wikipedia dan sumber lainnya.

Advertisements

Hati-Hati: Urat Kejepit

Standard

Beberapa hari yang lalu, sekitar 3 hari aku gak bisa jalan normal. Satu kakiku susah banget buat digerakan, bahkan diangkatpun serasa berat banget.

Berawal dari bangun pagi hari Selasa. Jam 3 pagi, rasanya ada yang ngga beres sama kakiku. Pas berdiri, kaki kiri gak bisa pijakan, sakit banget. Tapi aku paksain, masih bisa ke kamar mandi dan shalat. Rakaat kedua sama sekali ngga bisa sujud. Udahan shalatnya, tiduran lagi, aku fikir cuman kram aja, pasti sebentar lagi juga sembuh. Pas bangun mau shalat shubuh sama sekali ngga bisa digerakin. Waah kenapa ini?

Padahal, perasaan ngga keseleo, ngga jatuh, ngga kejedot. ckckck

Siangnya, dipijit aja,, sakiiit banget, Subhanalloh, memang sehat itu nikmat yang sering terlupakan.

Ternyata setelah ngobrol-ngobrol sama ibu tukang pijitnya, kaki ku ini dibagian lutut, ada dua urat kejepit. hii ,, Naudzubillah ngga mau lagi.

Katanya gara-gara jalan kaki, atau kecapean, terus uratnya tegang, jadi kaget pas dilipet, yang nyebabin uratnya kejepit.

______

Buat temen-temen pencinta jalan kaki, jangan lupa dirawat kesehatannya.  Karena ternyata kaki pun sensitif jika sudah ‘kecapean’.

ada beberapa tips biar kaki tetap oke buat jalan :

  1. Jika sudah berjalan jauh, kaki jangan dilipat, dak sedikit dipijat-pijat agar uratnya tidak tegang.
  2. Jika kaki sudah terasa pegal, sebaiknya hentikan berjalan, jangan dipaksakan, karena itu akan membuat darah tidak mengalir secara sempurna dan membuat urat bertambah tegang.
  3. Jika memang tetap ingin berjalan, bukalah alas kaki, biar urat-uratnya dapat berjalan lancar karena tekanan langsung dari urat syaraf bawah
  4. Jangan ditarik ketika urat sedang tegang, meskipun dengan alasan untuk meregangkan.

Dan bahaya urat kejepit kalo ngga ditangani secara langsung efeknya akan terasa beberapa tahun kemudian, mungkin kita juga lupa bahwa kita pernah sakit dibagian itu. Misalnya urat kejepit dibagian kaki, maka lama-lama kaki akan mengecil. Naudzubillah,,

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Ayo bersyukur dan nikmati kesehatan ^__^

Nama-nama Mata Uang Seluruh Dunia ..

Standard

Setelah sedikit tebak-tebakan tentang mata uang negara tadi di kelas, akhirnya saya penasaran dengan nama-nama mata uang, lets check it ! 😀

Abbesinia : Dollar (= Ethiopia)
Afghanistan : Afgani
Afrika Selatan : Rand
Afrika Tengah : Franc
Albania : Lek
Aljazair : Dinar
Amerika Serikat : Dollar
Angola : Kwanza
Argentina : Peso
Australia : Dollar
Austria : Schilling

Bangladesh : Taka
Belanda : Gulden
Belgia : Franc
Bolivia : Boliviarnus
Brazil : Cruzeiro
Brunei Darussalam : Dollar
Bulgaria : Lev

Canada : Dollar
Cekoslovakia : Koruna
Ceylon : Rupee (= Srilanka)
Chad : Franc
Chili : Peso
Cina : Yuan

Denmark : Krone
Dominika : Peso

El Salvador : Kolon
Emirat Arab : Dirham
Equador : Sucrve
Ethiopia : Birr

Filipina : Peso
Finlandia : Markka

Ghana : Cedi
Guatemala : Queizal

Haiti : Courde
Honduras : Lempira
Hongaria : Forint
Hongkong : Dollar

India : Rupee
Indonesia : Rupiah  
Inggris : Pound Sterling
Irak : Dinar
Iran : Real
Irlandia : Pound
Islandia : Krona
Italia : Lire

Jamaika : Dollar
Jepang : Yen
Jerman : Deutsche Mark

Kamboja : Riel
Kamerun : Franc
Kenya : Shilling
Kolumbia : Peso
Kongo : Franc
Korea Selatan. : Won
Korea utara : Won
Kuba : Peso
Kuwait : Dinar

Laos : New Kip
Libanon : Pound
Liberia : Dollar
Libia : Dinar
Luxemburg : Franc

Malaysia : Ringgit
Malvinas : Pound
Maroko : Dirham
Meksiko : Peso
Mesir : Pound
Monako : Franc
Mongolia : Tugrik
Mozambik : Escudo
Myanmar : Kyat

Namibia : Rand
Nepal : Rupee
New Zealand : Dollar
Nicaragua : Kordoba
Nigeria : Naira
Norwegia : Kroon

Oman : Rial

Pakistan : Rupee
Panama : Balboa
Papua Nugini : Kina
Paraguay : Guarani
Perancis : Franc
Peru : Sole
Polandia : Zloty
Portugal : Escudo

Qatar : Riyal

Rumania : Leu
Rusia : Rubel / Ruble / Rouble

Saudia Arabia : Riyal
Senegal : Franc
Singapura : Dollar
Siprus : Pound
Spanyol : Peseta
Srilanka : Rupee
Sudan : Pound
Suriah : Pound
Suriname : Guilder
Swedia : Kroon
Swiss : Franc
Syria : Pound

Taiwan : Dollar
Tanzania : Shilling
Thailand : Baht
Tunisia : Dinar
Turki : Lira

Uganda : Shilling
Uruguay : Peso

Vatikan : Lira
Venezuela : Bolivar
Vietnam : Dong

Yaman : Imani
Yordania : Dinar
Yugoslavia : Dinar
Yunani : Drachma

Zaire : Zaire
Zambia : Kwacha
Zimbabwe : Dollar

Tambahan :
Timor Leste yang merupakan negara pecahan Indonesia masih memakai Dollar Amerika / US $

Perubahan :
Negara-negara di Eropa menggunakan mata Euro mulai tahun 1999 (transaksi uang giral) dan 2002 (transaksi mata uang fisik / kartal). Daftar negara yang menggunakan Euro sebagai mata uang yaitu :
1. Italia
2. Perancis
3. Belanda
4. Portugal
5. Irlandia
6. Luxemburg
7. Austria
8. Finlandia
9. Belgia
10. Jerman
11. Yunani
12. Spanyol
13. Slovenia
14. Malta
15. Siprus
16. Vatikan
17. Andorra
18. Monako
19. San Marino

Negara Montenegro dan Kosovo diperbolehkan memakai Euro sebagai mata uang di negaranya.

sumber : numisku.wordpress.com

Trust me : I’ll visit u all (amiin 😀 ) 😛

Brownis Kukus

Standard

Ingredients :

  1. 7 btr Telur
  2. 1,5 ons Terigu
  3. 4 ons gula
  4. 1 sch susu dancow fullcream
  5. 1/2 ons coklat bodroks atau coklat vanhauten bubuk
  6. 200 ml minyak kelapa

Steps :

  1. campurna susu+coklat bubuk+terigu dalam satu tempat agar tercampur dengan baik
  2. campurkan telur dan gula dengan menggunakan mixer kurang lebih 15 menit
  3. masukan campuran no 1 secara perlahan dengan menggunakan saringan dan di aduk sampai rata
  4. setelah semua tercampur masukkan minyak dan aduk sampai rata
  5. kukus selama 40-45 menit ..
note :
jangan lupa kasih kain di tutup tempat kukusnya, biar ngga merusak kue
Happy trying 🙂

Resep Bola-bola Coklat

Standard

bahan :

  1. 1 kg terigu
  2. 1/2 ons susu fullcream
  3. 1/2 mentega
  4. 1 ons gula halus
  5. 1 ons maizena
  6. 1 ons selai blubery (bisa diganti apa aja sesuai minat untuk isian bola)
  7. 5 butir kuning telur
  8. spet secukupnya
  9. coklat batang secukupnya
  10. tempat kue kertas kecil (kaya buat bolu kukus)

langkah :

  1. siapkan tempat untuk mengggeleng kue, bisa juga menggunakan bekas botol tinggi jika tidak ada gelengan kayu.
  2. campurkan susu fullcream, mentega, gula halus, maizena, dengan mixer, dan masukkan kuning telur satu per satu ketika semua bahan tadi di kocok selama kurang lebih 10 menit.
  3. ambil beberapa bagian hasil dari campuran diatas ke wadah yang berbeda, dan campurkan dengan terigu hingga tidak lengket di tangan.
  4. bentuk adonan seperti bola-bola, setelah sebelumnya selai blubery atau yang lainnya dimasukkan.
  5. gunakan loyang untuk membakar kue.
  6. setelah mengembang dan cukup menguning, keluarkan kue dari oven.
  7. biarkan dingin terlebih dahulu sebelum dipindahkan dari loyang karena dapat merusak kue.
  8. panaskan coklat batang dengan cara, rebus air menggunalan panci atau sejenisnya, lalu letakkan coklat diatas tempat yang terbuat dari bahan yang cepat menghantar panas sampai meleleh, masukkan bola-bola kue yang sudah jadi ke dalam cairan coklat, setelah itu letakkan kedalam tempat kertas kecil, taburi spet secukupnya.

cat : terigu dan campuran sebaiknya tidak disatukan sekaligus dan jangan terlalu banyak mencapur terigu pada adonan, karena akan membuat kue menjadi kurang lembut. dan ukuran bola diusahakan tidak terlalu besar, karena kue akan mengembang.

 

Selamat mencoba .. 🙂