Aku hanya ingin tau ..

Standard

Seharusnya.. keluarga adalah pendidikan pertama, tempat belajar, tempat bertanya, juga tempat pulang ..

Ayah, ibu, pada siapa aku harus bertanya jika engkau pun tak mau menjawab pertanyaan kecilku?

“Bu, apa itu bu?” ketika kita melewati satu toko.

“Sudah diam, ibu sedang terburu-buru.”

Aku terpaksa diam. Merutuk dalam hati.. “Aku ingin tau itu Bu.. “

Lalu aku pun tumbuh dengan normal, menurutmu. Tapi engkau tak pernah tau, aku takut lagi untuk bertanya.

Sampai ketika aku sedikit beranjak sedikit dewasa, pertanyaan mulai bermunculan lagi di kepalaku.

Pernah aku bertanya, “Bu, memangnya kenapa kita tidak boleh terlalu dekat kalo temenan sama lawan jenis?”

“Buat apa sih kamu tanya begitu?! Sudah kerjakan PRmu”

Lalu lain waktu aku bertanya padamu, “Ayah, kenapa kita harus terus belajar?”

“Tanya aja pada gurumu, ayah sedang sibuk kerja.. ”

Aku hanya ingin tau tentang kenapa aku harus beribadah, juga mengerjakan PR yang membosankan. Kenapa aku harus setiap hari pergi ke sekolah. Ah ibu ,, memangnya tidak boleh ya aku tanya tentang semua itu.

Ayah, aku capek ketika katamu aku harus mengerjakan ini dan aku tidak boleh mengerjakan itu, tapi sekalipun ayah tak pernah menjawab jika aku tanyakan alasannya kenapa.

Ah, mungkin ayah dan ibu hanya menganggap itu pertanyaan bodoh, yang tak membutuhkan jawaban. Tapi ibu.. ayah .. pada siapa lagi aku akan bertanya, jika engkau pun tak mau menjawab pertanyaan bodohku?

Demi mendapat jawaban atas laranganmu, ayah, aku sengaja mencoba melakukannya. Aku ingin tahu, kenapa engkau melarangku.

Jangan salahkan aku ketika aku ingin mencari tau, karena tak pernah ayah dan ibu menjawab pertanyaanku. Tapi setelah aku mencari tau yang selalu kudapati adalah ibu dan ayah marah. Kenapa aku lakukan ini, kenapa aku lakukan itu. Ayah sudah melarang, ibu sudah melarang. Kenapa kamu lakukan itu??

Ayah,, aku hanya ingin tau ..

Ibu .. salahkah jika aku ingin tau?

Leave a Reply

