Pertolongan pertama untuk luka bakar ringan

Standard

Biasanya ketika mengalami luka bakar ringan atau terkena panas (contoh :setrika) disarankan untuk memakai odol untuk pertolongan pertama. Tapi, tapi, tapi, katanya .. memakai odol itu kurang baik, ntahlah apa kurang baiknya itu juga katanya. Aku bukan ahli dibidangnya.

Tapi ada cara lain loh, yang setelah aku praktekan aku baru tau katanya itu juga bisa jadi pertolongan pertama untuk luka bakar ringan atau kena panas.

Sekitar dua minggu yang lalu, setrikaan panas mampir di kaki. Ceritanya temen sekamar habis setrika, disimpan di bawah tempat tidur, aku lagi beresin tempat tidur, ngga sengaja kesenggol, dan aaaa.. Panass!! Langsung lari ke kamar mandi, lihat odol kayanya ngga deh, inget ‘katanya’  yang pertama diatas.

Akhirnya karena ngga tahu harus ngapain lagi, akhirnya buka keran, beberapa detik si kaki kena guyuran air, meskipun ngga sepenuhnya jadi dingin tapi, rasanya tidak sepanas diawal.

Nyut-nyutan sepanjang hari, tapi anehnya, luka bakar itu tidak mengembang dengan semacam cairan, yang biasanya dialami ketika terkena luka bakar. Padahal lukanya lumayan besar, hampir 3 jari.

Ternyata setelah ngobrol-ngobrol dengan seorang teman, memang jika terkena luka bakar ringan, agar tidak bengkak atau menggelembung dan mengeluarkan cairan bisa dengan cara langsung diguyur dengan air yang mengalir.

“Ohh..” Alhamdulillah, ngga salah langkah, meskipun ntah benar atau ngga, lebih jelas tanya orang yang ahli dibidangnya. Tetapi, sejauh yang saya alami memang si ‘luka’ tidak mengalami pembengkakan sedikitpun, cuman nyut-nyutan dan sebentar memerah, lalu kering, meskipun sampe sekarang masih berbekas tapi ntar juga hilang sendiri.

Semoga bermanfaat .. ^_^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s