Galau..

Standard

Sering banget kan denger kata galau? apalagi kalo baca status-status di facebook dan tweetan. GALAU.

Hmm. Sebenernya aku ngga terlalu ngerti apa yang dimaksud galau yang sering dikatakan banyak orang.
Menurut definisi aku, galau itu perasaan ‘teu pararuguh’ (gak karuan) rasa ngga nyaman di hati. Dan rasa galau itu seringkali membuat aku berfikir kembali atau meruntut lagi apa-apa yang telah dan akan aku lakukan yang sampe-sampe bikin ngga tenang ini. Galau menurutku bermanfaat, biar terus bisa instrospeksi diri. Tetapi ya yang namanya berlebihan pasti malah jadi sebaliknya.

Apa galau yang aku dan kamu-kamu definisikan itu sudah sesuai dengan seharusnya, mari chek satu tulisan yang aku dapet dari hasil googling-googling ..

Di halaman 407 Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi IV (2008), dikatakan “galau” berarti kacau (tentang pikiran); “bergalau” berarti (salah satu artinya) kacau tidak keruan (pikiran); dan “kegalauan” berarti sifat (keadaan hal) galau.

Merujuk ke defenisi menurut kamus keadaan galau adalah saat pikiran sedang kacau tak keruan. Orang yang tengah galau pikirannya sedang kacau.

Kacau dalam kamus diartikan (salah satunya, terutama berkaitan dengan pikiran) kusut (kalut) tidak keruan. Contoh kalimatnya: Pikirannya bertambah kacau mendengar berita itu.

Menurut saya, galau bukan kata yang pas untuk menunjukkan sebuah keadaan pikiran yang tengah tidak dalam keadaan baik. Karena kata “kacau” yang terdapat dalam makna “galau” lebih tepat dengan suasana kalang kabut dan kusut.

Mengecek ke Google Translate dan buku Kamus Indonesia-Inggris John M. Echols dan Hasan Shadily, bahasa Inggris galau adalah hubbub dan confusion. Artinya, galau lebih dekat dengan suasana pikiran yang tengah bingung. (Ade Irwansyah)

Bahasa Indonesia menyediakan kata lain yang lebih tepat, “gundah”.Kalo yang jadi acuan adalah KBBI Galau adalah keadaan sibuk beramai-ramai atau pikiran kacau tidak keruan.
Lain lagi definisi galau versi Rerey “Galau adalah suatu keadaan ketika suasana hati menginginkan kebebasan, namun ada yang mengikat, gak mau lepas”.
Menurut Spica Arumning (blogger) Galau adalah suatu keadaan dimana kita memikirkan suatu hal secara berlebihan, bingung apa yang harus dilakukan dengan suatu hal ini .. Dengan pikirannya sendiri sehingga menimbulkan efek emosi melabil, pikiran pusing, dan mendadak insomnia.

Untuk suasana hati yang sering disebut tengah “galau” rasanya lebih pas bila mengatakannya tengah “gundah.”

 

Galau itu sebenenya baik ngga sih ?

Kembali lagi ke atas, menurut saya, galau itu baik jika disikapi sebagai bahan introspeksi diri. merunut kembali apa yang sudah kita lakukan dan apa yang kita rencanakan sehingga membuat hati kita tidak tenang. dari ketidak tenangan itu kita dapat belajar, sehingga kita menemukan ketenangan kita lagi.
Tapi, kalo semua galau disikapi dengan kenyamanan, kenyamanan terhadap galau, maka berhati-hatilah lama-lama kita akan termakan galau.
Bukankah hidup ini cuman satu kali, masa sih mau di tindas sama galau?😀

Sadarkah galau hanya sugesti?
Coba deh ketika ngerasa susah, sulit, bingung. Lapangkan hati, luaskan fikiran. Jangan sampai kegalauan jadi raja di hati.
Hati itu milik kita, pasti kita bisa dong bikin dia kaya apa..
Tarik nafas.. Bismillah,, hilangkan energi negatif ..

Lagi musim kata galau nih, ikut-ikutan aja bilang galau.

Aku percaya, Law of Attraction berlaku. Perkataan apa saja yang kita bicarakan pasti akan ada dampaknya, sedikit ataupun banyak. maka Allah selalu mewanti-wanti. Jagalah lisan-mu, jagalah lisan-mu.

Meskipun kamu merasa galau, jangan diucapkan, yuk berdekatan dengan Allah, cari pangkal masalahnya, selesaikan. And Be Happy !🙂

2 responses »

  1. aaaaa…. setuju!
    Dimana – mana marak kata galau. Padahal sebenarnya mereka ga galau beneran. gara – gara nyebut – nyebut kata galau prinsip LOA terbukti, jadi galau beneran deh!
    Oke! akan dipraktekkan tipsnya, kak!
    Semangat untuk tidak Galau!😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s