Negara : Ethiopia

Standard

Ethiopia, adalah satu nama negara yang menarik ditelinga ketika aku pertama kali mempelajari peta dunia sekitar kelas 4 SD. Dulu belum jamannya internet, jadi cuman bisa mengira-ngira seperti apa negara yang katanya banyak orang yang busung lapar disana.

Negara ini jadi most wanted to visit-nya aku. Selain jatuh cinta ketika pertama kali mendengar namanya, meskipun katanya kehidupan disana sangat sulit.

Yuk kenalan sama Ethiopia .. :)

Ethiopia adalah satu negara di Afrika. Addis Ababa adalah ibu kota dari negara  yang pernah dijajah Italia. Uniknya selama perebutan Afrika Negara ini tidak pernah sedikit pun terjajah, hingga tahun 1936 akhirnya Italia berhasil menguasai daerah mereka. Di bantu pasukan Britania Raya, akhirnya ethiopia pun dapat kembali mendapatkan kekuasannya pada tahun 1941 dan menandatangani perjanjian Britania-Ethiopia pada tahun 1944.
Ini dia Addis Abbaa..

Bahasa yang digunakan di Ethiopia adalah basaha Amhara. (Dicari-cari tentang infonya lumayan susah, jadi kalo pembaca ada yang tau tentang bahasa Amhara, tolong dikasih masukan ya .. :) )

Orang Afrika memeluk agama yang berbeda-beda, dengan Kristen dan Islam, dua yang paling tersebar. Sekitar 40% orang Afrika adalah Kristen dan 40% lainnya Muslim. Kurang lebih 20% orang Afrika memeluk agama asli Afrika. Sejumlah kecil juga memeluk Yudaisme seperti suku Beta Israel dan Lemba.

UNICEF melaporkan sekitar 3 juta anak di kawasan Tanduk Afrika menderita malnutrisi dan berisiko tinggi mengalami kematian sejalan dengan kegagalan pendistribusian bantuan kemanusiaan. Ini beritanya udah 11 Tahun dan 11 bulan yang lalu, 65% dari rumah tangga di pedesaan Ethiopia mengkonsumsi Organisasi Kesehatan Dunia standar minimum makanan per hari (2,200 kilokalori), dengan 42% dari anak-anak di bawah 5 tahun yang kekurangan berat badan. Bayangkan gan! Beruntung negara kita masih belum separah ini..

Kebanyakan keluarga miskin (75%) berbagi ruang tidur dengan hewan ternak, dan 40% dari anak-anak tidur di lantai, di mana malam hari rata-rata suhu 5 derajat Celcius di musim dingin.
Rata-rata jumlah anggota keluarga adalah enam atau tujuh, hidup dalam 30 meter persegi lumpur dan ilalang gubuk, dengan kurang dari dua hektar lahan untuk menanam.

Innalilalhi, Naudzubillah..  Apa sekarang keadaannya masih kaya gitu ya ?

Terlepas dari keadaan masyarakat Ethiopia, ternyata Ethiopia punya beberapa tempat menarik untuk dikunjungi.

This is .. Blue Nile  Falls .

The Rock-Hewn churches of Lalibela

The Sof Omar Cave

 

source : wikipedia dan sumber lainnya.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s